Senin, 15 September 2014

GANTI FILTER OLI YAMAHA V-IXION SETIAP 9.000 KM

Namanya juga filter, tugasnya untuk menyaring. Ya iyalah coy. Kolo sudah tahu begitu, jangan sampai fungsinya bukan filter lagi walau namanya masih tetap filter. Dan menjadi hakekat filter akan tersumbat, lantaran kerjanya menyaring kotoran. Apalagi yang baru pulang mudik, ganti oli sekalian filternya bro.
Filter oli semua motor sama saja. Cuma kali ini bicara Yamaha Vixion lama dan baru, ia menyaring oli supaya gram metal, ampas kampas kopling dan kotoran lain cukup sampai di filternya. Oli yang keluar dari filter sudah bersih. “Maksimal 9.000 km komponen ini diganti. Itu sama dengan dua kali ganti oli, sekali filter. Lebih cepat lagi diganti jika menggunakan kampas kopling tidak standar, banyakampasnya,” kata Catur, mekanik Yamaha Yakin Motor, Jagakarsa, Jakarta Selatan.Fatalnya oli mampet, sudah tahu situ risikonya. Padahal menggantinya sangat sederhana untuk Vixion. Cukup sediakan satu kunci untuk membukanya yaitu T8. Pengguna Yamaha V-Ixion pasti tau posisinya, yaitu di bak kanan mesin. Tuh yang tojolan bulat, di situlah filternya terpasang.
Makanya bila mau mengganti buka dulu tuh bautnya, jumlahnya ada 3. Tentu mempersiapkan filter oli barunya. Ada dua macam brosist, yang imitasi hanya Rp 10.000 dan asli Yamaha Rp 75.000. Disarankan beli yang asli, kecuali kepepet.
Setelah dibuka, pastikan posisinya tidak berubah, yang berlubang di luar. “Hati-hati saat memasang, posisinya jangan sampai salah, karena gak bakalan berfungsi kalau sampai terbalik,” tutur pria ramah ini.
Sebelum dipasang pastinya lubangnya dibersihkan, jangan sampai ada kotoran sisa yang menempel di situ. Lanjut pasang kembali penutupnya, ingat 3 bautnya, 2 baut pendek dan 1 yang panjang.





Sumber : maniakmotor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar