Mengawali tahun 2014 semua rame-rame bikin 'resolusi' termasuk portal ini latah juga bikin 'resolusi' tips kopling ganda yang slip. Namanya resolusi ya berarti solusi berarti pernah ditulis tipsnya tahun lalu. Nah kali ini coba cara yang baru. Nggak salah juga kolo sampeyan baca lagi tips ini;
Kopling ganda adanya di motor bebek, tujuannya biar tidak terhentak saat oper gigi. Disebut juga kopling otomatis. Kendala yang sering dialami ya slip, akselerasi lelet waktu start juga larinya 'sontoloyo'. Sebabnya sepatu kampasnya tipis atau mangkuknya sudah terkikis yang menyebabkan jarak keduanya menjauh (gbr-1) "Resolusinya ya diganjal dengan selang. Agar keduanya dekat lagi," tegas Lutfy, makanik Taman Motor di Jl.Anggrek Genteng Jatim.
Ada dua pilihan tempat untuk mengganjal, yang pertama pada bagian karet dumper kampas ganda (gbr-2) ada 3 biji karet. Tinggal ganjal saja ketiganya dengan selang dimensinya persis dengan karet tadi. Tebal selang tergantung jarak antara kampas dan mangkuk sentrifugal.
Cara ganjal yang kedua diganjal di masing-masing ujung sepatu kampas (gbr-3) tancapkan selang disana, lalu potong disesuaikan dengan ausnya kampas dan mangkuk tadi. Setelah diganjal coba masukkan kampas ganda tadi ke mangkuk sentrifugal.
"Antara kampas dan mangkuk harus ada celah kurang lebih 1 mm sebagai gerak bebas kampas," ingat Lutfy sembari bilang kalau celahnya kurangdari itu motor bakalan jadi seperti pakai koplingmanual. Ya, kasar. Begitu masuk gigi langsung gedubrak, nah kan nggak ada kopling tangannya.
Terakhir Lutfy juga pesan selang yang digunakan untuk mengganjal adalah slang pernafasan udara karburator karena lebih tahan. Juga diameternya yang dirasa paling pas ketimbang jenis selang lain. "Ini juga hasil resolusi tahun lalu bro," tutupnya.
Sumber : maniakmotor.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar