Rabu, 07 Mei 2014

HILANGKAN KARAT DI LEHER KNALPOT

Karat sudah menjadi budaya bagi leher knalpot sejak dinasti kekaisaran China, hehe. Siapa sih yang tak kenal karat. Karat adalah tahinya besi akibat proses kimia yang dipicu oleh waktu.Apalagi bila knalpotnya persis di bawah mesin, macam mesin bebek dan matik. Cepat tuh karatnya.

Kolo nggak percaya, coba deh dicek tuh bagian leher knalpotnya? Pasti adalah! Bagi brosist yang punya masalah karat/kotoran di leher knalpot, si Belo dari bengkel service di jalan Kebagusan 2 Rt 06/02 Pasar Minggu, punya ramuannya nih.
Langsung saja bersihkan dulu leher knalpot dari debu/kotoran. Jika karat kuningnya  parah, bolehlah kenalpot dilepas dari dudukannya. Bila  sudah bersih, langsung diampelas lehernya. Ampelas terus hingga semua lapisan kuning dari karat hilang. “Pakai ampelas kasar  dulu baru diakhiri yang halus,” papar pria asli Betawi itu.
Bersihkan sisa ampelas dengan air,  agar sisa-sisa kotoran dan debu terbawa bersama air. Lanjut, poles leher knalpot dengan Autosol. Setelah dipoles, siram leher knalpot dengan bensin. Panaskan motor yang otomatis leher knalpot ikut panas, siram lagi dengan bensin. “Lakuklan maksimal dua kali,  itu sudah memberi efek berarti.” ungkap Belo yang waktunya biasa dihabiskan di bengkel.
Catatan dari tips di atas, knalpot minimal sebulan sekali dibersihkan dengan bensin. Tapi setiap kelebihan pasti ada kelemahan, kelemahannya bila kena hujan, leher bakal jadi menguning kembali. Tapi tenang, kotoran itu bisa dibersihkan dengan membersihkannya dengan lap dan jika parah bisa pakai  Autosol lagi dengan tipis dan disiram dengan bensin.
Nah tips ini bisa dikombinasikan dengan trik soal karat pada leher knalpot sebelumnya di portal ini.


Sumber : maniakmotor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar