Jumat, 21 Februari 2014

BIKIN ULIR BUSI SLEG/DOL, PAKAI SOK DRAT!

Dulu me-rebuilatau memperbaiki drat/ulir busi pada heead yang sleg alias dol harus tambal lubang busi. Menambalnya pakai las alumunium dan drat dibuat ulang.  Saat itu harus melepas head terutama sil dan karet biar nggak ikutan gosong oleh api las. Proses ini terkadang kepala silinder ikut 'keriting' dan harus dibikin rata kembali agar kompresinya utuh.
Sekarang cukup pakai 'sok' drat (gbr-1). Drat ini ditanam pada lubang busi lama, sehingga ukuran drat busi masih sama dengan aslinya. Langkah-langkahnya baca saja terus. 'Sok' drat ini dibuat pada tukang bubut sehingga tak perlu main las dan bubut head lagi. Tinggal comot head dratnya langsung bisa dibetulin. "Lebih praktis dan hemat tentunya,” bilang Rokhimbos bengkel bubut Remaja, Genteng Banyuwangi, Jatim yang gape bikin sok drat busi berbagai ukuran.
Sekarang banyak bengkel umum yang jualan sok drat tadi.Harganya dibandrol 15-20 ribuan sebiji. Semakin mudah bagi pebengkel atau sampeyan pun bisa betulin sendiri dirumah. Asal punya handtap (gbr-2buat bikin drat untuk sok, jadilah. Misalnya  busi Jupiter Z, Karisma dan sejenisnya menggunakan handtap M14 x 1,25. GL-Pro/Megapro M16 x 1,25 sedang busi 2-Tak seperti Fiser alias F1-ZR, RX-King atau Ninja menggunakan nomor M19 1,25.
Ayo lihat Mas Rokhim  berbagi ilmu betulin head Supra-X yang drat businya slegSiapkan peralatannya, yaitu handtap M14x1,25, bor listrik berikut mata bor 12,5 mm, palu, as roda bekas, lem besi, sok drat dan jig/pegangan busi yanggunanya  memasang sok drat. Bisa juga pakai as roda depan milik Yamaha Vega (kecil) yang dratnya masih utuh (gbr-3)
Besarkan lubang drat busi lama pakai mata bor 12,5 mmtadi. Ngebornya jangan kayak Inul Daratista bro. Tapi peganglah gagang bora dan sampeyan tinggal joget, hehe. Pokoknya mata bor  harus lurus sesuai lubang lama (gbr-4). Agar mudah jepit kepala silinder pada ragum.
Bikin ulir drat dengan handtap, putar perlahan hingga tembus (gbr-5). Sekarang pasang sok di jig/pegangan busi sekalian olesi dengan lem besi lalu pasang (gbr-6). Mengencangkannya, jig harus diragum, lalu kepala silinder diputar ke kanan dengan tangan. Getok pake palu dan as ujung sok agar benar-benar rapat dengan daging head menghindari bocornya kompresi (gbr-7). Terakhir rapikan dengan tunerbiarhasilnya sip (gbr-8).


Sumber : maniakmotor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar