Termasuk tarikan motor jadi sontoloyo akibat waktu buka-tutup klep yang acak kadut. Seperti rantai keteng Honda C-series(Supra X, Grand, dan Legenda) yang dibilang agak boros atau gampang kendur ketengnya.
Itu karena tensionernya masih mengandalkan roller sebagai penekan kamrad. "Selain itu jarak antara arm-comp (tungkai penahan roller) dengan dinding crankcase mefet sehingga gerak naik-turunnya terbatas,” bilang Fandi, mekanik Ahass Genteng,Banyuwangi, Jatim.
Agar usia pakai kamrad lebih lama maka gerak main arm-comp perlu dibikin longgar biar nggak cepat mentok ke dinding crankcase. Sehingga,saat kamrad mulur roller tensioner masih bisa bekerja menstabilkan gerak kamrad. "Gerinda saja bagian ujungnya 5 mm,” bisiknya lagi.
Bagi sampeyan yang mau praktekin trik ini ya musti bongkar bagian kiri mesin, termasuk magnet dan penyekat olinya. Prosesnya persis saat mau ganti kamrad. Tapi kamradnya nggak perlu dilepas brosis "Cukup comotarm-compnyasaja,” tutup mekanikceking ini.
Makasih bro tipsnya.
Sumber : maniakmotor.com
https://www.bukalapak.com/p/mobil-part-dan-aksesoris/mesin-mobil/ecu-piggyback/c8nfqd-jual-buat-hemat-bbm-taxi-online-ver2018?category_slugs=mobil-part-dan-aksesoris%2Fmesin-mobil%2Fecu-piggyback&keyword=
BalasHapus