Langsung saja, piston master rem dilengkapi dua sil. “Karet sil depan untuk mendorong dan karet sill tengah itu untuk mengisap minyak remnya agar piston caliper rem kembali terbuka,” ucap Teguh Urip dari bengkel Ethana Performance yang markasnya di Beji, Depok, Jawa Barat.
Yang rawan itu kalau kotor, bakalan mampet dan rem tiba-tiba blong. Kotoran itu biasanya berupa kerak yang menggumpal dari ampas minyak rem. Cara membersihkannya cukup mudah yang biasa bongkar pasang, hehe. Urai semua komponen master rem yang ada di ruang kemudi dengan kunci T8.
Jika sudah, lanjut dengan membongkar bagian piston master rem dengan tang spy. Ini untuk membuka ring yang penahannya. Tangnya berfungsi mengecilkan diameter ring agar bisa copot. Di bengkel-bengkel tang sperti itu sudah wajib, mau bongkar di rumah yaa siapkan dulu tangnya.
Setelah dibongkar pastikan semua dicuci bersih dengan sabun colek dan air. Sebagai perantara boleh menggunakan sikat gigi agar kerak-keraknya bersih.Perhatikan bagian pistonnya. “Piston sangat rentan kotor, karena pistonlah yang bekerja ekstra,” sambung Teguh.
Setelah bagian piston bersih dari kerak, perhatikan juga kedua karet sill yang ada pada pistonnya, kalau masih bagus yaa silakan pasang lagi. Nah kalau rusak atau sobek lebih baik diganti.“Untuk orisinal haganya rata-rata Rp 80.000 dan yang imitasi harganya Rp 20.000, itu sudah sama piston masternya,” lanjut Teguh sembari mewanti untuk beli yang aslinya karena berhubungan dengan keselamatan.
Jika sudah bersih semua atau sudah beli baru, pastikan mengulangi langkah tadi. Langkahnya tidak sesederhana menulis. Makanya periksa ulang link di bawah atau di BACA JUGA di sana ada caranya sampai menyetel minyak rem. Sebab habis bongkar master rem, pasti setel minyak rem dari angin palsu.
Sumber : maniakmotor.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar