Dasar tuh reporter. Semoga dia tidak ikut banci sama-sama dengan koplingnya, bro. Tuh kopling dibilang bencong, karena manual tidak, otomatis pun nggak. Yang menggunakannya bebek. Supaya si bebek saat pindah-pindah gigi tidak terhentak-hentak. Sentrifugal juga sebagai transfer daya sebelum diterima susunan rumah kopling benaran agar halus.
Ehm (kayak batuknya banci), namanya komponen mesin, seiring waktu akan alami masalah. Misalnya, ketika start motor malah slip, laju motor juga seperti ada beban habis pindah gigi. Nah itu dari sentrifugal yang makin tipis. “Mengatasinya mangkok kopling bisa dilubangi dari 8 sampai 12 bagian,” kata Budi ‘Rinut’ Sulistyo punggawa Rinut Motor di Jln. Sriwijaya, Semarang, Jawa Tengah.
Piringan mangkoknya dibor diameter 3-5 mm. Fungsinya, dinding piringan lebih kasar, sehingga pakem mendekap kampas sentrifugal. Keuntungan lain, aliran olinya lebih lancar dan tidak terjebak di dinding piringan. Masih ada lagi kelebihannya. Yakni, panas juga bisa dibuang lewat sirkulasi oli pada lubang-lubang ini. “Kalau belum jelas, sekadar share boleh sms ke 08122937759,” tutup Om Rinut.
Sumber : maniakmotor.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar