Ini tips sederhana membuatnya, tapi berat bongkar mesinnya. Jadi lebih baik dikerjakan saat mesin sudah dibongkar. Karena tipsnya hanya mengenai jalur oli lewat paking karter Yamaha Mio. “Fungsinya untuk melancarkan sirkulasi pelumasan dari pompa oli,” terang Tablo dari Bill Speed Cinere, Depok.
Sebelumnya lubang pada paking aslinya sudah ada yang diameternya kecil (lihat foto) yang jadi jalur oli dari pompa oli. Lubang ini yang diteruskan lebih memanjang, sekali lagi lihat foto supaya mengertilah. Sebab, buat pematik yang doyan korek-korek hal ini sudah lumbrah.
Tapi bagi yang awam ya harus tahu. Namanya juga awam, om, masih harus banyak belajar. “Biasanya cara ini digunakan untuk matik yang sudah bore-up dan yang ditune. Bukan berarti yang standar dilarang. Mesin lebih adem, karena sirkulasinya lebih banyak,” tambah Tablo yang bengkelnya aktif ikut event drag bike dan sudah tobat main liaran, hehe.
Maksudnya oli nggak hanya keluar dari lubang diameter asli paking, tapi telah menyebar untuk naik melumasi piston. Jadinya mesin adem, nggak perlu beli oli adem khusus matik, hehe. Caranya tinggal mencoak paking seperti di gambar. Gampang kan.
Sumber : maniakmotor.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar