Sabtu, 09 November 2013

BIKIN CDI JADI JOS, TAK LEBIH RP 12.000

Salah satu peningkat prestasi mesin adalah pengapian. Semakin banyak bensin dan udara yang bisa dibakar makin banyak tenaga yang diproduksi mesin. Sukses tidaknya pembakaran tergantung peranti pengapian. Mulai dari CDI, koil, sampai busi sendiri.
Buat brosist tentu bukan mengajak dengan rumus berat, apalagi dengan mengorek motor pakai jurus sadis. Cukup upgradepengapian, enggak perlu biaya banyak. Hanya beli kapasitor paling mahal Rp 12.000 sebiji. Barang terkenal di elektronik ini untuk mendorong kemampuan CDI. “Ini trik lama, tetapi belum tentu semua orang tahu,” kata Erwin, mekanik asal Blitar, Jatim.
Bukti lagi, trik jadul bukan berarti usang kan?Apalagi sampeyan yang baca 10 tahun lalu masih kelas 1 SMP. Silakan garap sendiri, tapi siapkan dulu kapasitor. Sebenarnya bisa ukuran berapa saja. Makin besar kapasitasnya, makin besar pula out putnya.
Tetapi buat harian paling aman sekitar 4,7 mF/400 volt. Tegangan 400 volt disamakan sama output rata-rata CDI sebelum kabelnya dimasukkan ke koil. Kapasitor menyimpan sementara muatan listrik berlebihan yang melewatinya. Pada saat diperlukan, kapasitor melepas muatan dengan cepat dan meningkatkan energi listrik menuju busi.
 Nah, kapasitor ada yang polar dan non polar. Maksudnya, ada yang tertentu kaki negatif dan positifnya, ada juga yang bebas. Tanda negatif biasanya tertera di badan kapasitor. Giliran pemasangannya. Cari kabel arus dari CDI menuju koil, lepaskan dari koil dulu. Sambung kabel ini ke kaki kapasitor negatif. Kaki kapasitor positif disambung lagi dengan kabel menuju koil. Gampang kan? 
Jangan lupa isolast semua sambungan biar tidak korsletingTrik ini akan semakin sip kalau pilot-jet ikut dibesarkan untuk mengantisipasi mesin panas.


SUMBER : maniakmotor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar