Makin terasa tenaga atas Kawasaki Ninja 150R maupun RR dengan cara setting kopling terutama pada per atau pegasnya. Kampasnya orisinil sudah gurih. Jadi biarkan saja kampas kopling di situ. Cara ini ada 3 macam.
Pertama dan paling terkini didapat dari drag bike di kelas Sport 155 cc Frame Standar. Ini mudah dan nggak pake lama. "Ganti saja dengan per yang lebih keras dari aftermarket. Pakai khusus Ninja ya. Merek yang saya pakai RMG. Ini ada dua macam, untuk kompetisi dan semi kompetisi," kata Harry, dari Harrry Motor. Itu nama bengkel sekaligus tim balap drag bike nya.
Masih katanya. Cara ini merupakan pengembangan dari dua cara di bawah, makanya baca terus. Maksudnya per ini sudah ada yang bikin. Tinggal beli saja di toko-toko langganan kamu. Per kopling ini jarak antar batang pernya lebih renggang. Tetapi menjepit kampasnya lebih dalam.
Hasilnya, ya power atas Ninja muncul semua. "Tetapi saya copot kampas kopling kecilnya dan pakai kampas kopling besar semua berikut per diafragma. Supaya meringankan kerja per," tambah Harry, yang memang langganan kelas Sport 155 cc Frame Standar.“Jika dibandingkan, frame standar di drag bike itu, mirip korek harian,” tamab Harry.
Jauh hari sebelum, ya tidak jauh-jauh amat sih, modelnya dengan menambahkan boss 3 mm pada rumah per. Isitilahnya diganjal dulu, baru pernya masuk. Lalu bisa juga dengan memotong 5 kaki per dengan ukuran sama 3 mm.
Tetapi sodara-sodara, cara modifikasi itu membuat jarak main per lebih kecil. Tidak sepenuhnya menonjok habis bila dibanding beli per yang harganya Rp 100 ribu satu set. Ya silahkan pilih deh.
SUMBER : maniakmotor.com
2 plat ring itu tetep di pasang atau di lepas
BalasHapus